Persebaran Penduduk dan Migrasi

Hari ini saya akan memberikan artikel IPS kelas 8 semester Gasal dengan judul yaitu
"Persebaran Penduduk dan Migrasi".Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang Persebaran Penduduk Indonesia,Migrasi Penduduk,Penyebab Migrasi,Macam-macam migrasi,Transmigrasi,dan Urbanisasi.Mari simak artikel ini.

Persebaran  penduduk dan migrasi ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.Membicarakan masalah migrasi pasti membicarakan masalah persebaran penduduk,demikian pula sebaliknya.

a.Persebaran Penduduk Indonesia
  Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata merupakan sebuah permasalahan tersendiri bagi pelaksanaan pembangunan,karena di daerah dengan penduduk yang padat berarti tersedia cukup banyak tenaga kerja.Namun pada daerah lain seperti di Kalimantan dan Papua,terjadi kekurangan tenaga kerja sebagai sumber daya manusia untuk melaksanakan pembangunan.Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut tentu dengan mendatangkan tenaga terampil dari daerah-daerah lain.
b.Migrasi Penduduk
  Berkat kemajuan transportasi dan komunikasi,saat ini masyarakat sangat mudah melakukan kegiatan perpindahan penduduk .Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain baik untuk menetap maupun sementara,perseorangan maupun kelompok disebut migrasi.
 1)Penyebab Migrasi
Bencana alam karena letusan Gunung
Penyebab penduduk melakukan kegiatan migrasi ada beberapa alasan seperti:
a)Bencana alam
 kalian tentu sadar bahwa masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana,terutama gempa bumi dan gunung meletus.Karena bencana alam tersebut,sering memaksa penduduk melakukan migrasi.

b)Lahan semaikin sempit
Lahan pertanian di Jawa semakin sempit karena terdesak untuk lahan tempat tinggal
  Masyarakat petani pedesaan yang lahan pertaniannya semakin sempit seperti pada gambar disamping,sementara anggota keluarganya banyak,kadang menghadapi masalah ekonomi yang sulit diselesaikan.Untuk mengatasinya,kemudian mereka melakukan perpindahan ke daerah lain untuk mencari pekerjaan baru atau mencari daerah yang lahan pertaniannya masih luas.
 c)Situasi Pertentangan
  Pertentangan menyebabkan penduduk melakukan migrasi ke tempat lain karena merasa tidak nyaman di tempat tersebut.Situasi pertentangan ini biasanya tidak saling menghargai dan mau benar sendiri tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.Pertentangan yang melibatkan banyak orang dan menyebabkan situasi tidak aman mendorong orang melakukan migrasi ke tempat yang aman.Pertentangan hanya akan mendatangkan masalah baru,oleh karena itu kita harus saling menghormati dengan orang lain.
 d)Kondisi alam
Kondisi lahan pertanian yang tandus
Kondisi alam yang tandus,kadang mendorong penduduk untuk mencari daerah lain yang lebih menguntungkan.

2)Macam-macam migrasi
Migrasi dibedakan menjadi dua yakni migrasi internasional dan migrasi nasional.
Migrasi Internasional merupakan perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain.Migrasi internasional dibedakan menjadi empat,yaitu :

  • Imigrasi : Perpidahan penduduk yang masuk ke dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap di negara yang didatanginya.
  • Emigrasi : Perpindahan penduduk yang meninggalkan suatu negara ke negara lain dengan tujuan untuk menetap.
  • Remigrasi : Perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara tempat asalnya,istilah lainnya disebut repatriasi.
c.Transmigrasi
Perpindahan penduduk dari suatu daerah atau pulau yang berpenduduk jarang dalam rangka untuk kepentingan pembangunan nasional disebut transmigrasi.Transmigrasi memiliki peranan penting dalam pemerataan penduduk di Indonesia.Penduduk yang merata akan mendorong optimalisasi pengolahan sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia.Transmigrasi juga mengurangi angka pengangguran,bahkan menambah lapangan kerja baru.
 Bentuk-bentuk transmigrasi di Indonesia:

  1. Transmigrasi Keluarga: perpindahan penduduk yang disebabkan oleh keluarga/kerabat para transmigran lama yang sudah menetap di daerah migran.
  2. Transmigrasi Khusus: perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah jarang dengan tujuan yang khusus.
  3. Transmigrasi Umum: perpindahan penduduk yang dibiayai dan difasilitasi oleh pemerintah sejak dari daerah asal sampai ke daerah tujuan transmigrasi dengan diberikan tanah seluas dua hektar,penyediaan peralatan pertanian,rumah, dan bibit.
  4. Transmigrasi Lokal: perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain masih dalam satu provinsi disebut transmigrasi lokal.
  5. Transmigrasi Spontan: perpindahan penduduk ai tas biaya dan kehendak sendiri disebut transmigrasi spontan.
  6. Bedol Desa: perpindahan penduduk dari satu desa dengan segenap aparatnya dan organ organ di dalamnya disebut transmigrasi bedol desa.Transmigrasi ini dilakukan dengan memanfaatkan daerah asal transmigran untuk tujuan yang lebih besar.
  7. Transmigrasi Swakarsa: perpindahan penduduk yang seluruh biaya ditanggung oleh transmigran atau pihak lain diluar pemerintah.
  8. Transmigrasi Sektorial:perpindahan penduduk oleh para petani teladan atas biaya Departemen Dalam Negeri,Departemen Transmigrasi,dan Pemda.
  9. Transmigrasi Padat Karya: perpindahan penduduk pada suatu daerah yang padat penduduknya untuk dipekerjakan pada proyek-proyek pembangunan daerah tujuan transmigrasi.
  10. Evakuasi: perpindahan penduduk dari daerah ke daerah lain baik perorangan maupun kelompok karena adanya bencana alam atau peperangan
  11. Forentisme: perpindahan penduduk yang sifatnya sementara,karena suatu tugas pekerjaan.
  12. Tourisme: perpindahan penduduk untuk sementara waktu dengan tujuan rekreasi.
  13. Migrasi Musiman: perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain yang sifatnya sementara,terutama pada saat suatu daerah membutuhkan tenaga kerja dari daerah lain.
d.Urbanisasi
Perpidahan penduduk dari desa ke kota sering diartikan urbanisasi.Salah satu penyebab utama urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota.Ada dua hal penting yang menyebabkan terjadinya urbanisasi yakni dgai aya dorong desa dan daya tarik kota.
 1) Daya dorong desa
Penyebab penduduk desa melakukan migrasi ke kota antara lain
  • Terbatasnya lapangan pekerjaan di pedesaan.
  • Semakin sempitnya lahan pertanian.
  • Minimnya fasilitas sosial di pedesaa.
  • kehidupan desa yang tidak bervariasi atau menonton.
2) Daya tarik kota
Sebagai daya tarik kota diantaranya adalah
  • Lapangan pekerjaan di kota lebih banyak dibanding di desa.
  • Upah pekerja di kota lebih tinggi di banding di desa.
  • Fasilitas sosial,pendidikan,olahraga,dan lain-lain lebih lengkap dibanding di desa.

1 Response to "Persebaran Penduduk dan Migrasi"

wdcfawqafwef